Cari Disini

Selasa, 10 November 2020

Huruf Ya ي Mutakallim

 ياءُ المُتَكَلِّمُ 

Yaa Al-Mutakallim

(Huruf yaa yang digunakan sebagai kata ganti untuk menunjukkan kepada orang pertama tunggal / si pembicara)


 مثال :


كِتَابٌ 

buku

كِتَابٌ + ي = كِتَابِي

Buku saya 


بَيتٌ

Rumah

بَيتٌ + ي = بَيتٌ

Rumah saya


=========================


بَيتِي جمِيلٌ

Rumahku bagus


غُرفَتِي كَبِيرَةٌ

Kamarku besar


=========================


أُحِبُّ ....

Saya mencintai....


أُحِبُّ أَبِي و أُمِّي

Saya mencintai ayahku dan ibuku.


=========================


أُحِبُّ اللهَ 

Saya mencintai Allah


أُحِبُّ اللغةَ العربيةَ

Saya mencintai bahasa arab.


أُحِبُّ النَّبِيَّ (صلى الله عليه وسلم)

Saya mencintai Nabi -Shalallahu 'alaihi wasallam-


Catatan :


Untuk maf'ulun bihi (objek) yang tidak bersambung dengan yaa Al-Mutakallim(kata ganti untuk orang pertama) maka statusnya manshuub, yaitu berakhiran fathah (  َ  )

Untuk lebih jelasnya, lihat harakat kata² tersebut, seperti dibawah ini :


اللهَ 

اللغةَ العربيةَ

النَّبِيَّ 


=========================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar