Cari Disini

Selasa, 15 September 2020

Al Jannah dan Kenikmatannya 03

Al Jannah dan Kenikmatannya 03

Diantara makanan penduduk surga adalah daging burung dan buah buahan, mereka akan meminum arak didalam surga yg tidak memabukkan dan pening kepala


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :
يطوف عليهم ولدن مخلدون، بأكواب وأباريق وكأس من معين، لايصدعون عنها ولاينزفون، وفكهة مما يتخيرون، ولحم طير مما يشتهون.
Mereka akan dikelilingi anak anak muda yg tetap muda, dengan membawa gelas, cerek dan seloki atau piala yg berisi arak yg diambil dari mata air yg mengalir, mereka tdk pening karenanya dan tdk pula mabuk, dan buah²an dr apa yg mereka pilih, dan daging burung dari apa yg mereka inginkan (Al Waqiah 17-21)

Rosul bersabda didalam surga ada burung yg lehernya seperti leher onta, yg memakannya lebih baik daripadanya (HR Tirmdizi, sanad hasan)

Makanan pertama penduduk surga adalah  tambahan hati ikan paus (HR Bukhori), maksudnya adalah sepotong daging yg menggantung pada hati ikan paus dan dia adalah bagian yg paling lezat dr hati ikan paus.
Dalam hadits tsauban, beliau ditanya seorang ulama yahudi apa yg mereka setelah itu ? Akan disembelih sapi jantan dari surga yg akan dimakan oleh semua penduduk surga, ulama yahudi tsb berkata apa yg mereka minum setelahnya? Mereka meminum dr mata air didalam surga yg diberi nama salsabil.

Para penduduk surga makan bukan krn lapar dan minum bkn krn haus dan mrk tdk mengeluarkan kotoran.
Rosul bersabda penduduk surga makan dan minum, tidak meludah, tidak membuang air kecil dan besar, dan tidak membuang ingus, lalu rosul ditanya lalu kmn makanannnya ? Rosul mejawab menjadi sendawa dan keringat seperti keringat minyak kasturi (HR Muslim)

Bejana bejana mereka terbuat dr emas dan perak.

Pakaian penduduk surga terbuat dari sutra, memakai perhiasan dr emas, perak dan mutiara.
Allah swt berfirman :
يحلون فيها من أساور من ذهب ولؤلؤا،  ولباسهم فيها حرير
Mereka diberi perhiasan gelang dr emas dan perhiasan mutiara dan pakaian mrk dr sutera (al hajj 23)

Mereka akan bersandar diatas permadani yg dalamnya terbuat dr sutera tebal dan akan bersandar diatas sofa yg terrsusun

Para penduduk surga akan saling bertemu dan bertegur sapa
Allah swt berfirman :
وأقبل بعضهم على بعص يتساألون،  قلوا إنا كن قبل في أهلنا مشفقين،  فمن الله علينا ووقىنا عذاب السموم،  إناكن من قبل ندعوه، إنه هو البر الرحيم
Dan mereka akan saling berhadapan dan saling bertanya, mrk berkata sesungguhnya kita dahulu didunia sewaktu berada ditengah² keluarga kita, kita merasa takut dgn azab, maka allah memberikan karunia kpd kita, dan memelihara kita dr azab neraka, sesungguhnya sejak dahulu kita menyembahnya dan dialah yg maha melimpahkan kebaikan dan maha penyayang (At Thur 25-28)


**** Catatan HSI - Abu Ishaq ****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar