Cari Disini

Kamis, 13 Agustus 2020

PELAJARAN 16 Bab Adzan dan Iqomah

 PELAJARAN 16 : Bab Adzan dan Iqomah

MATAN UMDATUL FIQH

باب الأذان والإقامة
وهما مشروعان للصلوات الخمس دون غيرها
للرجال دون النساء.
والأذان خمس عشرة كلمة لا ترجيع فيه والإقامة إحدى عشرة كلمة.
وينبغي أن يكون المؤذن أمينا، صيتا، عالما بالأوقات
ويستحب أن يؤذن قائما متطهرا على موضع عال مستقبل القبلة
فإذا بلغ الحيعلة التفت يمينا وشمالا ولا يزيل قدميه
ويجعل أصبعيه في أذنيه ويترسل في الأذان ويحدر الإقامة
ويقل في أذان الصبح بعد الحيعلة: "الصلاة خير من النوم" مرتين
ولا يؤذن قبل الأوقات إلا لها لقول رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إن بلالا يؤذن بليل فكلوا واشربوا حتى يؤذن ابن أم مكتوم"
ويستحب لمن سمع المؤذن أن يقول كما يقول لقول رسول الله صلى الله عليه وسلم: "إذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول"

•┈┈•••○○❁❁○○•••┈┈•

Syarah : Ustadz Renan Rahardian S.Si Hafizhahullahu ta'aala


Adzan secara bahasa adalah pengumuman

Adapun secara syar'i adzan adalah pengumuman tentang masuknya waktu sholat dengan dzikir atau penyebutan tertentu

Adapun Iqomah secara bahasa adalah mashdar dari kata aqoomah artinya mendirikan orang yang duduk

Maka Iqomah secara istilah adalah pengumuman didirikannya sholat dengan dzikir tertentu

Hukum dari adzan dan iqomah para ulama menyatakan fardhu kifayah




Dan keduanya disyariatkan untuk sholat sholat lima waktu dan tidak untuk yang selainnya, maka adzan dan iqomah tidak dikumandangkan pada 2 sholat ied, begitu juga waktu menguburkan mayit.

Adzan dan iqomah disyariatkan dikumandangkan untuk laki laki bukan wanita, artinya salah satu syarat adzan dan iqomah dikumandangkan oleh laki laki

Dan adzan ada 15 kalimat dan iqomah 11 kalimat, ini adalah lafazh adzan yang dipilih imam ibnu qudamah dan ini pendapat paling kuat.

Dan hendaknya seorang muadzin adalah orang yang dapat dipercaya dan suaranya lantang, dan dia memiliki ilmu tentang masuknya waktu sholat.


Ulama berbeda pendapat tentang adzan yang dikumandangkan anak kecil, yang lebih benar selama anak sudah masuk usia tamyiz yakni dapat membedakan yang haq dan yang bathil sekitar 7 tahun keatas maka adzannya sah, tapi jika dibawah usia ini maka adzannya tidak sah walaupun memiliki suara yang bagus

Tidak disyaratkan adzan dengan suara yg merdu seperti dengan cengkok atau nada nada.

Dan disunnahkan mengumandangkan adzan dalam keadaan berdiri, dalam keadaan bersuci, dan diatas tempat yang tinggi, menghadap kiblat

Apabila ia mencapai lafazh hayya alash sholah dan hayya alal falah maka dia menghadap kearah kanan dan kearah kiri tanpa menggeser posisi kakinya, ini adalah sunnah

Kemudian menjadikan 1 jarinya diletakkan ditelinga

Dan disunnahkan juga untuk memanjangkan lafazh adzan dan disunnahkan memendekkan lafazh iqomah

Dan didalam adzan subuh setelah hayya alal falah maka mengucapkan assholatu khoirin minnannaum 2x

Hendaknya tidak adzan sebelum masuknya waktu sholat kecuali adzan pertama subuh, ini seperti pada adzannya zaman nabi dimana adzan pertama dikumandangkan Bilal dengan tambahan ash sholatu khoirum minannaum dan yang kedua adzannya Abdullah Ibnu Ummi Maktum tanpa tambahan ash sholatu khoirum minan naum

Ini berdasarkan sabda nabi
إن بلال يؤذن بليل فكلوا واشربوا حتي يؤذن ابن أم مكتوم
Sesungguhnya bilal adzan masih malam maka makan dan minumlah hingga adzan ummi maktum

Disunnahkan bagi yg mendengar adzan hendaknya mengucapkan/menirukan ucapan muadzin kemudian ketika sampai lafazh hayya alash sholah dan hayya alal falah maka dijawab dengan laahaula walaa quwwata illa billah, ini berdasarkan sabda nabi :
إذا سمعتم النداء فقولوا مثل ما يقول
Apabila kalian mendengar panggilan adzan maka ucapkanlah semisal apa yang diucapkan muadzin (HR. Bukhori dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar