Cari Disini

Jumat, 19 Maret 2021

Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 10 Dari 22

Cara Beriman Kepada Para Rasul Bagian 10 Dari 22 


12. Keyakinan bahwa Allah telah menguatkan mereka dengan tanda tanda kekuasaannya sebagai pembenaran terhadap kenabian mereka.

Tanda tanda ini telah tersebar dikalangan kaum muslimin dengan nama mukjizat.

Al mukjizat الكعجزات adalah jamak dari المعجزة yang secara bahasa artinya adalah yang melemahkan orang lain sehingga tidak bisa memdatangkan yang semisalnya.

Lafazh ini tidak ada didalam al quran dan al hadis, yang sering digunakan adalah الآيات dan البينات

Al ayat الآيات artinya adalah tanda tanda kekuasaan

Al bayyinat البينات artinya adalah bukti bukti yang jelas

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَى ٱلْكِتَٰبَ وَقَفَّيْنَا مِنۢ بَعْدِهِۦ بِٱلرُّسُلِ ۖ وَءَاتَيْنَا عِيسَى ٱبْنَ مَرْيَمَ

Dan sunguh kami telah memberikan pada musa al kitab yaitu at tauroh dan kami susulkan setelahnya para rosul dan kami berikan kepada isa ibnu maryam al bayyinat. (Al baqoroh : 87)


Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :

وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَن يَأْتِىَ بِـَٔايَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّهِ

Dan seorang rosul tidaklah mendatangkan sebuah ayat kecuali dengan izin Allah. (Ar Rod : 38)

Rosul bersabda :

 ما من الأنبياء نبي إلا أعطي ما مثله آمن عليه البشر وإنما كان الذي أوتيت وحيا أوحاه الله إلي فأرجو أن أكون أكثرهم تابعا يوم القيامة

Tidaklah ada seorang nabi kecuali diberik tanda tanda kekuasan yang beriman dengannya manusia dan sesungguhnya yang diberikan kepadaku adalah wahyu dan yang diwahyukan kepadaku aku berharap akulah yang paling banyak pengikutnya dihari kiamat. (H.R. Al Bukhori dan Muslim)


Pengertian Ayah atau mukjizah adalah sesuatu diluar kebiasaan diiringi dengan tantangan dan pengakuan sebagai nabi, tidak ada yang bisa melawannya, Allah sajalah yang menciptakannya sebagai pembenaran dan penguatan bagi para nabinya.


Yang dimaksud dengan sesuatu mencakup ucapan dan perbuatan dan diluar kebiasaan maksudnya diluar sesuatu yang menjadi kebiasaan manusia, diiringi dengan tantangan  dan pengakuan sebagai nabi


Kalimat ini membedakan antara ayat dengan karomah tidak ada yang bisa melawannya


Kalimat ini membedakan antara ayat dengan sihir dan amalan setan.


Allah sajalah yang menciptakannya artinya ini terjadi bukan kehendak nabi tapi karena kehendak Allah azza wa jalla dan dialah yang menciptakannya.


Allah berfirman :

وَمَا كَانَ لِرَسُولٍ أَن يَأْتِىَ بِـَٔايَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ ٱللَّ

Dan tidaklah seorang rosul bisa mendatangkan sebuah ayat kecuali dengan seizin Allah. (Ar Rod : 38)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar