Cari Disini

Selasa, 02 Juni 2020

Pelajaran 11 Bab Mandi Janabat - Umdatul Fiqh

 PELAJARAN 11 : Bab Mandi Janabat

MATAN UMDATUL FIQH

باب الغسل من الجنابة
والموجب له: خروج المني وهو الماء الدافق، والتقاء الختانين.
والواجب فيه النية، وتعميم بدنه بالغسل مع المضمضة والاستنشاق
وتسن التسمية ويدلك بدنه بيديه ويفعل كما روت ميمونة قالت "سترت النبي صلى الله عليه وسلم فاغتسل من الجنابة فبدأ فغسل يديه ثم صب بيمينه على شماله فغسل فرجه وما أصابه ثم ضرب بيده على الحائط والأرض ثم توضأ وضوءه للصلاة ثم أفاض الماء على بدنه ثم تنحى فغسل رجليه".
ولا يجب نقض الشعر في غسل الجنابة إذا روي أصوله.
وإذا نوى بغسله الطهارتين أجزأ عنهما وكذلك لو تيمم للحدثين والنجاسة على بدنه أجزأ عن جميعها وإن نوى بعضها فليس له إلا ما نوى
•┈┈•••○○❁❁○○•••┈┈•

Syarah : Ustadz Renan Rahardian S.Si Hafizhahullahu ta'aala


Diwajibkan atasnya mandi junub karena keluarnya mani yakni air yang memancar disertai kenikmatan dan rasa lelah.



Hal ini didasarkan pada hadis nabi yang diriwayatkan oleh imam abu dawud :
إذا فظحت الماء فغتسل
Apabila kamu mengeluarkan mani maka mandilah.
Baik dalam keadaan terjaga atau dalam keadaan tidur (Mimpi basah)

Sebagaimana pertanyaan yang diajukan oleh seorang wanita sahabiah pada nabi :
هل على مرأة غسل إذا حتلمت ؟
Apakah wanita juga harus mandi jika dia ikhtilam atau mimpi ? Maka nabi menjawab
نعم إذا رأت الماء
Iya apabila kamu melihat air mani.
Dan ini adalah kesepakatan para ulama

Yang diwajibkan untuk mandi janabat lainnya adalah bertemunya dua kemaluan, yakni antara kemaluan laki laki dan kemaluan wanita

Sabda nabi bersabda :
إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا اَلْأَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا فَقَدْ وَجَبَ اَلْغُسْلُ
Apabila telah duduk laki laki diantar 4 cabang wanita maka dan kemudian menyentuh kemaluan dengan kemaluan,.maka wajib atasnya mandi. (HR. Muslim)

Ulama lain menambahkan hal hal yang wajib mandi janabat adalah masuk islamnya seseorang, berhentinya darah haidh atau nifas
Nifas menurut ulama disamakan hukumnya dengan haidh
Mandi janabat juga disyariatkan untuk jenazah.

Wajib atasnya untuk berniat, meratakan air keseluruh badan dengan dengan kumur kumur dan istinsyaq.

Disunnahkan untuk membaca basmalah, disunnah juga untuk menggosokkan badan dengan kedua tangan agar air mengalir merata.

Dilakukan sebagaimana apa yang dilakukan oleh nabi diriwayatkan oleh Maimunah rodhiallahu anha :
سَتَرتُ النبيَّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم وهو يغتسِلُ مِن الجَنابة، فغَسل يديه، ثمَّ صبَّ بيمينِه على شِمالِه، فغسَلَ فرْجَه وما أصابَه، ثمَّ مسَح بيَدِه على الحائِطِ- أو الأرض- ثم توضَّأ وضوءَه للصَّلاةِ غَيرِ رِجليه، ثمَّ أفاض على جَسَده الماءَ، ثمَّ تنحَّى فغسَلَ قَدَميه
Aku menutupi Nabi sholallahu alahi wa sallam ketika beliau sedang mandi junub maka yang beliau lakukan memulai dengan mencuci kedua tangannya, kemudian dengan tangan kanannya mengambil air dan menuangkan pada tangan kirinya kemudian beliau mencuci kemaluan beliau dan bagian bagian yang terkena dengan mani dan kemudian beliau menggosokkan tangannya ke dinding atau tanah. Sebagian ulama menjelaskan bahwa menggosokkan ke dinding atau tanah ini untuk membersihkan dari bekas mani yang menempel ke tangan saat membersihkan.

Kemudian beliau berwudhu sebagaimana beliau berwudhu ketika hendak sholat, kemudian beliau mengalirkan atau mengguyurkan air ke seluruh tubuh beliau, kemudian beliau bergeser dari tempatnya semula, kemudian mencuci kedua kakinya. (Hadis Shohih Riwayat Imam Al Bukhori)

Tidak wajib untuk melepaskan ikatan rambut apabila guyuran air sudah mengenai pangkal rambut, maka ini menunjukkan bahwa pangkal rambut harus terkena air.

Apabila meniatkan mandinya tersebut untuk bersuci dari dua hadas maka itu diperbolehkan, karena dengan itu artinya dia sudah melakukan wudhu didalamnya dan juga mandi junub, maka 2 hadas itu akan hilang dan tidak perlu lagi mengambil wudhu jika hendak sholat.

Dan demikian pula menyengaja mandi diniatkan menghilangkan 2 hadas dan menghilangkan najis di badannya maka diperbolehkan.

Dan jika berniat salah satunya saja maka tidak dihitung yang lainnya. Maka hendaknya niat ini digabungkan.

Kaidah dari ulama :
Amalan amalan yang jenisnya sama dan bisa dilakukan di waktu yang sama maka boleh dilakukan dengan satu amalan dengan 2 niat, meskipun kaidah ini ada ulama yang menyelisihkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar