MATAN UMDATUL FIQH
وأقل
الحيض يوم وليلة وأكثره خمسة عشر يوما
وأقل
الطهر بين الحيضتين ثلاثة عشر يوما ولا
حد لأكثره
وأقل
سن تحيض له المرأة تسع سنين وأكثره
ستون.
والمبتدأة
إذا رأت الدم لوقت تحيض في مثله جلست
فإن
انقطع لأقل من يوم وليلة فليس بحيض
وإن
جاوز ذلك ولم يعبر أكثر الحيض فهو حيض
فإذا تكرر ثلاثة أشهر بمعنى واحد صار عادة
وإن
عبر أكثر الحيض فالزائد استحاضة.
وعليها
أن تغتسل عند آخر الحيض وتغسل فرجها وتعصبه
وتتوضأ لوقت كل صلاة وتصلي
وكذا
حكم من به سلس البول وما في معناه
وإذا
استمر بها الدم في الشهر الآخر فإن كانت
معتادة فحيضها أيام عادتها
وإن
لم تكن معتادة وكان لها تمييز وهو أن يكون
بعض دمها أسود ثخينا وبعضه أحمر رقيقا
فحيضها زمن الأسود الثخين.
وإن
كانت مبتدأة أو ناسية لعادتها ولا تمييز
لها فحيضها من كل شهر ستة أيام أو سبعة
لأنه غالب عادة النساء.
والحامل
لا تحيض إلا أن ترى الدم قبل ولادتها بيوم
أو يومين أو ثلاثة فيكون دم نفاس.
باب
النفاس
وهو
الدم الخارج بسبب الولادة وحكمها حكم
الحيض فيما يحل ويحرم ويجب ويسقط به
وأكثره
أربعون يوما ولا حد لأقله
ومتى
رأت الطهر اغتسلت وهي طاهرة وإن عاد في
مدة الأربعين فهو نفاس أيضا.
•┈┈•••○○❁❁○○•••┈┈•
Syarah : Ustadz Renan Rahardian S.Si Hafizhahullahu ta'aala
Batas
yang paling pendek untuk waktu haidh adalah sehari semalam dan yang
paling panjang adalah 15 hari
Artinya jika darah keluar kurang
dari sehari semalam atau keluar lebih dari 15 hari maka terhitung
bukan darah haidh
Masa yang suci antara 2 haidh adalah 13 hari dan tidak ada batas yang paling panjang.
Artinya jika ada seorang wanita yg sudah suci dari haidhnya, kurang dari 13 hari keluar lagi darah dari kemaluannya maka ini tidak dianggap haidh karena menurut Ibnu Qudamah yang paling pendek harus 13 hari, dan jika lebih dari 13 hari maka baru dianggap sebagai darah haidh.
Dan usia yang paling muda bagi wanita mengalami haidh adalah 9 tahun dan yang paling tua adalah 60 tahun, maka konsekwensinya jika seorang wanita kurang dari 9 tahun atau lebih dari 60 tahun keluar darah dari farjinya maka tidak dianggap haidh, akan tetapi dianggap darah istihadhoh
Seseorang
yang baru awal haidh yang belum tahu waktu haidhnya apabila melihat
darah di waktu haidh yg semisal dengannya seperti ibunya atau
keluarganya maka dia duduk (tidak sholat)
Apabila darah tersebut
berhenti sebelum sehari semalam maka tidak dihitung darah haidh, maka
wanita itu wajib untuk bersuci dan sholat dan tetap melaksanakan
kewajiban yang lain
Dan apabila darah tersebut terus mengalir
dan tidak berhenti hingga melebihi masa masa haidh 15 hari maka dia
terhitung sebagai haidh
Dan siklus haidh dianggap sebagai yang
lazim/lumrah jika sudah berlalu 3 kali (3 bulan)
Dan apabila
ada kelebihan waktu dari masa² tersebut maka dihitung sebagai
istihadhoh
Maka wajib atasnya untuk mandi jika sudah selesai
masa haidh walaupun darah masih keluar.
Dan dia mencuci
kemaluannya kemudian menutupinya kemudian mengeringkan dan dia
berwudhu setiap akan sholat.
Dan yang demikian pula hukumnya
berlaku untuk orang yang selalu keluar air kencing terus menerus
(beser)
Maka apabila darah istihadhoh ini terus keluar hingga
akhir bulan maka jika dia memiliki hitungan haidh maka dihitung
haidhnya sesuai dengan tanggal tersebut
Dan apabila dia tidak
memiliki hitungan tanggal haidh dan dalam keadaan tamyiz bisa
dibedakan darah haidh atau darah istohadhoh
Darah merah disebut
darah istihadhoh, sedangkan darah hitam adalah darah haidh
Akan
tetapi jika wanita tsb ada di masa² awal haidh atau bagi mereka yg
lupa tanggal² haidhnya, tetapi tidak mampu membedakan darah haidh
atau istihadhoh maka hendaknya dia menghitung enam atau 7 hari karena
wanita biasa mengalami hari hari di bilangan tersebut
Dan
orang yang hamil, dia tidak mengalami haidh kecuali jika dia melihat
darah 1,3,7 hari sebelum dia melahirkan, maka itu dianggap darah
nifas
Bab Nifas
Yakni
darah yang keluar disebabkan karena wiladah (melahirkan) dan hukum
darah nifas ini seperti orang yang haidh baik dalam perkara yang
dihalakan maupun yang diharamkan maupun yang diwajibkan padanya
Dan
yg paling banyak dihitung 40 hari
Kapan saja dia melihat
tanda2 suci maka dia mandi, akan tetapi jika darah itu keluar lagi
dalam rentang waktu 40 hari maka itu tetap terhitung sebagai darah
nifas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar